Langsung ke konten utama

RPP ADIWIYATA MADRASAH ALIYAH

RPP ADIWIYATA MADRASAH ALIYAH

RENCANA PELKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

   NAMA SEKOLAH                : MAN 2 Gresik
   MATA PELAJARAN            : Fiqih
   KELAS/SEMESTER                :  XI (Sebelas) /1(Ganjil)
  WAKTU                                  : 2 X 45 menit

  
STANDAR KOMPETENSI 
1.   Memahami ketentuan Islam tentang jinayah dan hikmahnya

KOMPETENSI DASAR           
1.1. Menjelaskan hukum pembunuhan dan hikmahnya.

TEMA PLH
·         Sampah (Pemanfaatan  Sampah organik dan anorganik)
·         Mindmap dengan memanfaatkan kertas bekas

PBK
·         Tekun, Toleransi, Kreatif, Percaya diri
           .
INDIKATOR:   

1.1.1        Membuat Mindmap Jinayah dan hikmahnya dengan memanfaatkan sampah anorganik

TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui Jigsaw  pada akhir pembelajaran siswa dapat membuat media pembelajaran Mindmap Jinayah dan Hikmahnya dengan memanfaatkan sampah anorganik dengan baik dan benar serta Kreatif, Toleransi, Tekun,  Disiplin dan percaya diri


MATERI PEMBELAJARAN
Informasi dari Internet dan buku yang relevan tentang
-          Cara membuat mindmap
-        Jinayah dan hikmahnya

METODE PEMBELAJARAN
   Cooperative Learning – Jigsaw dengan teknik Mindmap


       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN: 2 x 45 menit (1 pertemuan)

No
KEGIATAN
URAIAN
Integrasi Nilai
KOMPONEN
CTL
PBK
LH





















































Kegiatan Pendahuluan


































Kegiatan Inti

·   Explorasi











·   Elaborasi
















































·   Konfirmasi











Kegiatan Penutup

Apersepsi : Review
·      Guru memapilkan Mindmap tentang hukum mindmap, tentang Jinayah dan Hikmahnya, siswa mengkomentari  hal-hal yg belum jelas.
·      Siswa memberi informasi penting  seputar Mindmap hukum mindmap serta Jinayah dan hikmahnya
dengan tekun
·     Melalui Mindmap yg dipajang guru tentang hukum mindmap serta Jinayah dan hikmahnya, siswa berlatih mengungkapkan isi gambar tsb dengan kalimat sederhana dengan percaya diri

Motivasi :
·      Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelajari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

JIGSAW

1.    Siswa dikelompok kan ke dalam 4 anggota tim

2.    Tiap orang dalam tim diberi tugas yang berbeda untuk mencari informasi tentang Jinayah dan Hikmahnya melalui aneka sumber belajar

3.    Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari informasi yang sudah didapat berkumpul dengan anggota kelompok lain yang sama untuk membentuk kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan informasi-informasi tersebut dengan toleransi,  tekun dan kreatif.  

4.    Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan secara bergantian sharing bertukar informasi yang mereka  kuasai dengan teman satu tim dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan toleransi.
5.    Masing-masing kelompok membuat  draft Mindmap tentang Jinayah dan Hikmahnya serta membuat Mindmap pada media daur ulang (sampah anorganik) (tugas)
6.    Tiap tim ahli pada masing-masing kelompok atau yang mewakili memajangkan hasil diskusi (draft) mereka dengan  percaya diri
7.    Guru memberi evaluasi tentang pajangan karya siswa
8.    Mengumumkan karya terbaik siswa
9.    Guru memberi kesimpulan





1.       Guru memberikan tugas pada LKS yang berhubungan dengan Jinayah dan hikmahnya sebagai pengayaan


Tekun







Percaya diri

Toleransi

Tekun




Toleransi
Tekun










Toleransi
Disiplin








Toleransi
Disiplin


Tekun
Toleransi






Percaya diri
Toleransi
Bersahabat
Kreatif












Kreatif
Percaya diri







-

Sharing/berbagi pengalaman
Modeling








































Learning Comunity


ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

Alat/bahan
Kreasi Mindmap tentang Jinayah dan Hikmahnya

Sumber Belajar
Buku Paket Fiqih Madrasah Aliyah kelas XI, Internet, Al-Quran dan terjemahnya, Buku yang relevan di Perpus





PENILAIAN

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Menulis atau membuat  Mindmap yang kreatif  dari media daur ulang sampah organik dan/ atau anorganik disekolah berkaitan dengan Jinayah dan Hikmahnya  dengan tekun, dan percaya diri.
Penugasan

Project
  Buatlah Mindmap tentang Jinayah dan Hikmahnya sesuai hukum Mindmap dengan menggunakan kertas bekas secara berkelompok



a.       Pedoman Penilaian
Jumlah skor maksimal keseluruhan     100     

b.      Rubrik Penilaian
Criteria
Score
Persiapan
25
Proses
25
Kreativitas Media
25
Isi Mindmap
25


Rubrik Penilaian Karakter Bangsa 
(dinilai pada saat proses pembelajaran tiap siswa)

NAMA SISWA                        KELAS:                      NO. ABSEN

           NO
ASPEK YG DINILAI
SKOR
JUMLAH SKOR
NILAI
1
2
3
4
1
TEKUN




        

2
KREATIF







3
TOLERANSI






4
DISIPLIN






5

PERCAYA DIRI













                                           
JUMLAH SKOR PEROLEHAN
NILAI = ----------------------------------------------- X 100
                SKOR MAKSIMAL

         Keterangan:
A.   (Sangat baik)          =   skor  15 – 20
MK: Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang     
        dinyatakan dalam indikator secara  konsisten)

B.   (Baik)                      =   skor  10 – 14
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).

C.   (Cukup)                   =   skor  5 – 9
MT:  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya
         tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
         konsisten).

D.  (Kurang)                  =   skor  0 – 4
BT :  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal                 perilaku yang dinyatakan dalam indikator).












Gresik, 3 Agustus  2015
Guru Mata Pelajaran


M. Heri Prianto, S.Pd.I, MA.
NIP. 198103102007101002

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berdoa Dengan Syair Arab

Pertanyaan: Benarkah berdoa dengan menggunakan syair dilarang? Misalnya syair yang telah masyhur: “ilaahii lastu lil firdausi ahlaa”, dan sebagainya. Sebab saya pernah membaca tabloid/majalah yang melarang baca doa dalam syair. A Rahman, Sby Jawaban: Berdoa dengan menggunakan syair telah diamalkan oleh Rasulullah Saw. Misalnya doa Nabi yang bersajak: وَاللهِ لَوْلاَ أَنْتَ مَا اهْتَدَيْنَا % وَلاَ تَصَدَّقْنَا وَلاَ صَلَّيْنَا               فَأَنْزِلَنْ سَكِينَةً عَلَيْنَا % إِنَّ الأُلَى قَدْ أَبَوْا عَلَيْنَا وَيَرْفَعُ بِهَا صَوْتَهُ (رواه البخاري رقم 2837 ومسلم رقم 4771) “Demi Allah, tanpa-Mu kami tak akan dapat hidayah, kami takkan bisa bersedekah dan tidak bisa salat * Maka turunkan ketenangan kepada kami * Orang-orang terdahulu telah menolak kami” (HR al-Bukhari No 2837 dan Muslim No 4771) Bahkan dalam riwayat Muslim ada tambahan “Rasulullah mengeraskan suaranya (dengan doa syair tersebut)” Dalam...

Meng-qadla’ Salat Mayit

Pertanyaan: Adakah dalil Al Quran yang menerangkan meng-qadha’ shalat yang ditinggalkan oleh si mayit? Suhaili, Sby Jawaban: Tidak ditemukan dalil Al Quran tentang mengqadha’ shalat yang ditinggalkan si mayit. Akan tetapi penegasan hadits tentang qadha’ atas puasa yang berbunyi: عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ k قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِىِّ g فَقَالَ يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّ أُمِّى مَاتَتْ وَعَلَيْهَا صَوْمُ شَهْرٍ أَفَأَقْضِيهِ عَنْهَا قَالَ «نَعَمْ قَالَ فَدَيْنُ اللهِ أَحَقُّ أَنْ يُقْضَى» (رواه البخارى رقم 1953 ومسلم رقم 2750) “Ada seseorang datang kepada Rasulullah Saw, ia berkata: Wahai Rasulullah, ibu saya meninggal dan punya tanggungan puasa 1 bulan, apakah saya meng-qadla’ atas nama beliau? Rasulullah menjawab: “Ya. Dan hutang kepada Allah lebih berhak untuk ditunaikan” (HR Bukhari 1953 dan Muslim 2750 dari Ibnu Abbas) Hadis ini kemudian diperluas kandungannya oleh Imam Syafi’i dalam qaul qadim (Madzhab terdahulu ketika di Baghdad) mencakup pada shalat-shalat y...