RPP ADIWIYATA MADRASAH ALIYAH
RENCANA PELKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : MAN 2 Gresik
MATA PELAJARAN
: Fiqih
KELAS/SEMESTER : XI (Sebelas) /1(Ganjil)
WAKTU : 2 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami ketentuan Islam tentang jinayah dan
hikmahnya
KOMPETENSI DASAR
1.1.
Menjelaskan hukum pembunuhan dan hikmahnya.
TEMA PLH
·
Sampah (Pemanfaatan Sampah organik dan anorganik)
·
Mindmap dengan memanfaatkan kertas
bekas
PBK
·
Tekun,
Toleransi, Kreatif, Percaya diri
.
INDIKATOR:
1.1.1
Membuat Mindmap Jinayah dan hikmahnya dengan
memanfaatkan sampah anorganik
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Jigsaw pada akhir pembelajaran siswa dapat membuat media pembelajaran Mindmap Jinayah dan Hikmahnya dengan memanfaatkan
sampah anorganik dengan baik dan
benar serta Kreatif, Toleransi, Tekun,
Disiplin dan percaya diri
MATERI PEMBELAJARAN
Informasi dari Internet dan buku yang relevan tentang
-
Cara membuat mindmap
-
Jinayah dan hikmahnya
METODE PEMBELAJARAN
Cooperative Learning – Jigsaw dengan teknik Mindmap
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN: 2 x 45 menit (1 pertemuan)
No
|
KEGIATAN
|
URAIAN
|
Integrasi Nilai
|
KOMPONEN
CTL
|
|
PBK
|
LH
|
||||
|
Kegiatan
Pendahuluan
Kegiatan Inti
· Explorasi
· Elaborasi
· Konfirmasi
Kegiatan
Penutup
|
Apersepsi : Review
· Guru memapilkan Mindmap tentang
hukum mindmap, tentang Jinayah dan Hikmahnya, siswa mengkomentari hal-hal yg belum jelas.
·
Siswa memberi informasi penting
seputar Mindmap hukum mindmap serta Jinayah dan hikmahnya
dengan tekun
· Melalui Mindmap yg dipajang guru
tentang hukum mindmap serta Jinayah dan hikmahnya, siswa berlatih mengungkapkan
isi gambar tsb dengan kalimat sederhana dengan percaya diri
Motivasi :
· Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelajari berikut kompetensi yang harus
dikuasi siswa
JIGSAW
1.
Siswa dikelompok kan ke dalam 4 anggota tim
2.
Tiap orang dalam tim diberi tugas yang berbeda untuk mencari informasi tentang Jinayah dan Hikmahnya melalui aneka sumber belajar
3.
Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari informasi yang sudah didapat
berkumpul dengan anggota kelompok lain yang sama untuk membentuk kelompok baru (kelompok
ahli) untuk mendiskusikan informasi-informasi tersebut dengan
toleransi, tekun dan kreatif.
4.
Setelah
selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan secara bergantian sharing bertukar informasi yang mereka kuasai dengan teman satu tim dan tiap anggota lainnya mendengarkan
dengan sungguh-sungguh dan toleransi.
5.
Masing-masing kelompok membuat draft Mindmap tentang Jinayah dan Hikmahnya serta membuat
Mindmap pada media daur ulang (sampah anorganik) (tugas)
6.
Tiap tim
ahli pada masing-masing
kelompok atau yang mewakili memajangkan hasil diskusi
(draft) mereka dengan percaya diri
7.
Guru memberi evaluasi tentang pajangan karya siswa
8.
Mengumumkan karya terbaik siswa
9.
Guru memberi kesimpulan
1.
Guru memberikan tugas pada LKS
yang berhubungan dengan Jinayah dan hikmahnya sebagai pengayaan
|
Tekun
Percaya diri
Toleransi
Tekun
Toleransi
Tekun
Toleransi
Disiplin
Toleransi
Disiplin
Tekun
Toleransi
Percaya diri
Toleransi
Bersahabat
Kreatif
Kreatif
Percaya diri
|
-
|
Sharing/berbagi pengalaman
Modeling
Learning Comunity
|
ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
Alat/bahan
Kreasi
Mindmap tentang Jinayah dan Hikmahnya
Sumber
Belajar
Buku
Paket Fiqih Madrasah Aliyah kelas XI, Internet, Al-Quran dan terjemahnya, Buku yang
relevan di Perpus
PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Menulis atau membuat
Mindmap yang kreatif dari media
daur ulang sampah organik dan/ atau anorganik disekolah berkaitan dengan Jinayah
dan Hikmahnya dengan tekun, dan
percaya diri.
|
Penugasan
|
Project
|
Buatlah Mindmap tentang Jinayah
dan Hikmahnya sesuai hukum Mindmap dengan menggunakan kertas bekas secara
berkelompok
|
a. Pedoman Penilaian
Jumlah skor maksimal keseluruhan 100
b. Rubrik Penilaian
Criteria
|
Score
|
Persiapan
|
25
|
Proses
|
25
|
Kreativitas Media
|
25
|
Isi Mindmap
|
25
|
Rubrik Penilaian Karakter Bangsa
(dinilai pada saat proses pembelajaran tiap siswa)
NAMA SISWA KELAS: NO. ABSEN
NO
|
ASPEK YG DINILAI
|
SKOR
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
TEKUN
|
|
|
|
|
|
|
2
|
KREATIF
|
|
|
|
|
|
|
3
|
TOLERANSI
|
|
|
|
|
|
|
4
|
DISIPLIN
|
|
|
|
|
|
|
5
|
PERCAYA
DIRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
PEROLEHAN
NILAI =
----------------------------------------------- X 100
SKOR MAKSIMAL
Keterangan:
A.
(Sangat baik) = skor
15 – 20
MK: Membudaya (apabila peserta
didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang
dinyatakan dalam indikator secara konsisten)
B.
(Baik) = skor
10 – 14
MB : Mulai Berkembang (apabila
peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan
dalam indikator dan mulai konsisten).
C.
(Cukup) = skor
5 – 9
MT:
Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
konsisten).
D.
(Kurang) = skor
0 – 4
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum
memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
Gresik,
3 Agustus 2015
Guru Mata
Pelajaran
M. Heri Prianto, S.Pd.I, MA.
NIP. 198103102007101002
|
Komentar
Posting Komentar